>>
you're reading...
Info Kampus

Beasiswa di Harvard University Bagi Jurnalis

foto: harvard's school of public health

foto: harvard’s school of public health

JAKARTA – Kabar baik bagi kamu yang tengah bergelut di dunia jurnalistik, kamu bisa mengikuti beasiswa The Nieman fellowship untuk Global Health Reporting di Harvard University. The Nieman sendiri merupakan organisasi yang memiliki komitmen di bidang jurnalistik.

Selama kamu mengikuti program beasiswa fellowship tersebut, kamu akan mengikuti serangkaian pelatihan meliput isu Public Health dan studi di Harvard’s School of Public Health, Harvard University, dan memiliki akses ke beberapa fakultas mata kuliah di kampus tersebut.

Kamu bisa memilih mempelajari mengenai jurnalistik di negara berkembang selama empat bulan semasa periode akademik, atau kamu akan belajar secara intensif di Pulitzer Center on Crisis Reporting dan merasakan melakukan peliputan langsung di negara bagian yang memiliki masalah kesehatan publik yang paling parah.

Seru banget kan? Berikut syarat dan ketentuan yang harus kamu siapkan jika kamu ingin mendaftar, seperti yang dinukil Scholarization, Senin (17/10/2011):

1. Pastikan kamu memenuhi syarat untuk melamar beasiswa tersebut, seperti tidak sedang menerima beasiswa lainnya.

2. Menentukan program fellowship yang diinginkan, misalnya fellowship Glibal Health Journalist selama empat bulan di Harvard atau belajar mengenai jurnalistik di Pulitzer Center.

3. Lengkapi data diri baik secara online maupun hard copy.

4. Kirim contoh artikel atau berita yang pernah kamu kerjakan, bisa dalam bentuk pdf, txt, doc, dan lainnya. Contoh artikel atau portofolio ini harus syang sudah pernah diterbitkan dengan rentang waktu antara 1 Desember 2010 dan 1 Desember 2011.

5. Kirim juga surat rekomendasi yang menyatakan kamu pantas mendapat beasiswa tersebut dari empat orang yang kredibel.

6. Tuliskan dua essay denngan tema yang sudah ditentukan, yakni dengan menuliskan pengalaman jurnalistik, rencana kedepan, dan inspirasmu. Tema selanjutnya yakni untuk sekolah di Harvarg yang menjelaskan bagaimana kamu akan mengikuti beasiswa tersebut. Essay pertama untuk deskripsikan pengalaman jurnalistik, rencana karier,dan inspirasimu, sebanyak 100 karakter. Sedangkan yang kedua, yakni proposal untuk studi di Harvard sepanjang 500 karakter.

7. Surat permohonan bisa kamu kirimkan langsung ke Nieman Foundation for Journalism. Untuk informasi atau pertanyaan lebih lanjut bisa kamu kirimkan ke alamat email nieman_application@harvard.edu.

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/10/17/368/516513/beasiswa-di-harvard-university-bagi-jurnalis

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: