>>
you're reading...
Info Kampus

Ini Dia 10 Kampus Termahal di AS

Foto : Columbia University/Huffingtonpost

Foto : Columbia University/Huffingtonpost
JAKARTA – Bukanlah hal yang baru jika biaya kuliah di Amerika Serikat (AS) terbilang cukup mahal. Apalagi di sejumlah kampus tertentu ada kampus yang mematok harga selangit untuk biaya pendidikan selama satu tahun ajaran.

Inilah 10 daftar kampus dengan biaya termahal di Negeri Paman Sam berdasarkan data yang dimiliki CampusGrotto yang dilansir dari Huffingtonpost, Selasa (18/10/2011). Biaya ini hanya merupakan biaya perkuliahan dan asrama, belum termasuk dengan uang untuk membeli buku dan peralatan penunjang lainnya. Penasaran? Ini daftarnya.

1. Sarah Lawrence College.
Selama empat tahun, Sarah Lawrance College selalu menempati peringkat pertama untuk kampus termahal. Kampus yang terletak di Bronxville, New York ini mematok biaya kuliah sebesar USD59.170 atau setara dengan Rp514,14 juta per tahun. Biaya ini mengalami kenaikan sebesar USD2.750 (Rp23,5 juta) dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya.

Apakah fasilitas yang diberikan sebanding? Kampus ini mengklaim jika mereka adalah kampus dengan perbandingan dosen dan mahasiswa terkecil, yakni 1:1. Artinya, satu dosen untuk tiap mahasiswa.

Kampus “privat” ini pun memberikan fasilitas pada mahasiswa untuk berkonsultasi dengan pengajar sebanyak satu hingga dua kali seminggu. Konsultasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kurikulum yang disusun sendiri oleh setiap mahasiswa dan kiat fokus untuk mencapai tujuan. Ya, kampus ini memang memberikan kesempatan bagi mahasiswanya untuk menyusun kurikulum sesuai dengan keinginan dan kebutuhan mereka.

Jurnalis televisi populer di AS, Barbara Walters dan kreator serial TV populer, Lost, JJ Abrams merupakan salah satu alumni kampus ini.

2. New York University (NYU).

NYU menetapkan biaya kuliah per tahun sebesar USD56.787 atau senilai Rp487 juta. Biaya ini meningkat sebanyak USD3.198 (Rp24 juta) dibandingkan dengan tahun ajaran sebelumnya.

Sejumlah selebritis dan tokoh penting AS pernah mengenyam pendidikan di kampus swasta prestisius ini. Sebut saja si kembar Mary Kate Oshlen-Ashley Oshlen, putra Presiden Joh F Kennedy, John F Kennedy Jr, serta Alec Badwin.

3. Columbia University.
Kampus tempat Presiden Barrack Obama menuntut ilmu tersebut mematok USD56.310 yang senilai dengan Rp482,5 juta untuk biaya kuliah dan asrama selama satu tahun.

Salah satu artis muda blasteran Indonesia, Cinta Laura berhasil menembus seleksi masuk kampus ini yang dikabarkan harus melalui proses seleksi yang sangat ketat. Pasalnya hanya 6,8 persen peserta yang diterima dari total pendaftar.

4. Harvey Mudd College.

Berlokasi di Claremont, AS, kampus ini menetapkan biaya kuliah sebesar USD55.998 atau senilai Rp480 juta per tahun.

5. Eugene Lang College.
Selisih USD108 atau sebesar Rp925 ribu dengan biaya kuliah di Harvey Mudd College, kampus yang berlokasi di New York City ini mematok biaya kuliah USD55.890 atau sebesar Rp479 juta per tahun.

6. Claremont McKenna.
Kampus ini menetapkan biaya kuliah dan asrama per tahun sebesar USD55.865 atau senilai Rp478 juta.

7. Wesleyan University.
Tahun ajaran lalu, kampus ini menempati posisi tiga dalam pemeringkatan dengan biaya kuliah per tahun sebesar USD53.406 (Rp458 juta). Meski pengalami peningkatan biaya kuliah per tahun sebesar USD2.300 (Rp20 juta), kini kampus yang berlokasi di Middletown, Connecticut ini berada di posisi ketujuh.

Untuk berkuliah di sini, kamu harus merogoh kocek USD55.706 atau sebesar Rp477 juta per tahun.

8. Bard College.
Kampus yang berdiri sejak 1860 ini mematok biaya kuliah per tahun sebesar USD55.617 (Rp476,5 juta).

9. Bernard College.

Jika memutuskan ingin kuliah di kampus yang terafiliasi dengan Columbia University ini, kamu harus mengeluarkan biaya kuliah dan asrama sebanyak USD55.566 atau sebesar Rp476 juta per tahun.

10. Trinity College.
Kampus diurutan ke-10 ini menetapkan biaya USD55.450 atau sebesar Rp475 per tahun.

Sumber : http://kampus.okezone.com/read/2011/10/17/373/516583/ini-dia-10-kampus-termahal-di-as

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: