>>
you're reading...
SEAG

Persiapan Terakhir Sea Games 2011

Persiapan Terakhir SEA Games 2011 – SEA Games merupakan ajang olahraga di kawasan Asia Tenggara yang diadakan setiap 2 tahun. Ajang ini biasanya tak seberapa diperhatikan oleh mata dunia namun ajang ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Puluhan medali emas dan kebanggaan suatu negara akan sangat penting bagi para negara pesertanya. Momen ini juga memberi kesempatan bagi negara-negara kecil seperti Singapura dan Brunei Darusallam untuk lepas dari bayang-bayang negara besar di Asia seperti Cina, India, Jepang, dan Korea Selatan.

Ajang Sea Games sebelumnya di Laos pada tahun 2009. Peringkat pertama diduduki oleh Thailand yang mengumpulkan 86 emas dari total 372. Tiga buah lebih banyak dari Vietnam yang menduduki posisi kedua. Indonesia saat itu menduduki posisi ketiga.

Kini SEA Games tahun ini akan diadakan di Indonesia dimana kota yang akan menjadi tempat penyelenggaraannya adalah Jakarta dan Palembang. Pembukaan dari even ini akan diadakan pada hari Jumat besok. SEA Games di Indonesia ini memiliki slogan “Bersatu dan Bangkit”. Ajang ini turut dimaksudkan untuk menunjukkan kebangkitan Indonesia sebagai suatu negara yang memiliki kekuatan di bidang ekonomi. Hal ini turut didukung oleh jumlah populasinya yang besar sejumlah 245 juta jiwa.

Pihak penyelenggara dari SEA Games, INASOC telah meyakinkan bahwa even dua tahunan tersebut akan sukses meski kenyataannya sangat berbeda. Permasalahan korupsi dan pembangunan stadion yang tak kunjung selesai bisa menjadi hal yang sangat memalukan. Masih banyak hal-hal lain yang menjadi kendala dalam pelaksanaan ajang tersebut.

“Ini merupakan kehendak Tuhan bahwa ajang ini akan berjalan dengan lancar. Kami telah bekerja keras untuk waktu yang lama melalui berbagai keadaan sulit tapi saya yakin SEA Games akan berjalan dengan baik,” ujar ketua dari INASOC, Rita Subowo.

“Kami telah menyelesaikan pembangunan stadion namun kami masih harus memberikan beberapa sentuhan akhir seperti papan skor dan matras untuk pertandingan gulat.”

Salah satu pertanda buruk dari ajang ini dimulai ketika terkuaknya kasus korupsi sebesar 3 juta dollar yang dilakukan oleh seorang anggota partai terkemuka. Uang hasil korupsi tersebut didapat dari proses tender pembangunan stadion. Ia sendiri akhirnya kabur ke Kolombia dengan uang yang bukan haknya tersebut.

Pihak Commonwealth Games dari India telah mendengar beberapa hal buruk yang mengganggu persiapan SEA Games 2011. Api SEA Games sudah akan sampai di Palembang namun ratusan pekerja masih berusaha menyelesaikan pembangunan drainase. Hal ini semakin diperburuk dengan kegagalan untuk menyelesaikan stadion dan menyediakan cukup kamar bagi para atlit dan pengunjung.

Pihak penyelenggara sampai menggunakan kapal angkatan laut Indonesia sebagai tempat menginap. INASOC tengah berusaha keras mengubah kapal angkatan laut menjadi hotel dadakan untuk para staf karena hotel-hotel di Palembang telah dipesan untuk para atlit, media, dan para ofisial. Sementara itu kejadian keracunan makanan menimpa beberapa pemain sepakbola yang menginap di hotel berbintang lima.

Sebuah laporan di Philippine Daily Inquirer menyebutkan seorang ofisial dari tim olahraga Filipina menjuluki ajang ini sebagai “ajang paling kacau”. Hal ini karena kurangnya penginapan bagi para peserta dan transportasi yang sangat bermasalah. The Singapore Straits Times menyebutkan bahwa pemain sepakbola Indonesia, Kamboja, Singapura, dan Malaysia sempat mengalami sakit di pencernaan. Kejadian ini terjadi di sebuah hotel terkemuka di Jakarta.

Sedangkan di Jakarta muncul kekhawatiran bahwa lalu lintasnya yang terkenal buruk akan membuat sejumlah atlit, staf, ofisial, dan ribuan penonton kesulitan untuk melintas. Perwakilan dari pemerintah Jakarta mengatakan bahwa akan diadakan penjagaan jalan untuk menjamin kelancaran akses para pemain. Sekolah-sekolah akan tutup selama selama 11-22 November untuk mencegah macet di jalanan.

“Lalu lintas selalu buruk di Jakarta namun ketika mereka menutup jalan akan sangat mustahil untuk pergi ke mana-mana,” ucap Sumanta, seorang pengemudi bajaj yang mengaku harus bekerja keras setiap ada even besar.

Pembukaan SEA Games Dijanjikan Bakal Meriah
Berbagai ketidaksiapan penyelenggaraan SEA Games XXVI, seperti peralatan pertandingan, venue, akomodasi atlet, dan press room, tidak akan mengurangi kemeriahan upacara pembukaan di Palembang dan Jakarta. Pertunjukan seni musik dan tarian khas Sumatera Selatan dan Betawi akan memeriahkan upacara pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara yang dipusatkan di dua lokasi, yakni Kompleks Jakabaring, Palembang dan Taman Monas, Jakarta.

Ketua Inasoc Palembang, Muddai Madang menyatakan, upacara pembukaan pada Jumat (11/11) sore akan berlangsung meriah dengan sajian utama tarian yang mengisahkan kejayaan Kerajaan Sriwijaya di Asia Tenggara pada abad ke-7.

Sebanyak 400 penari dilibatkan dalam upacara pembukaan. Selain itu, pengamanan juga menjadi prioritas utama karena ada empat tamu penting yang ikut hadir, yakni Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong, PM Malaysia Najib Razak, Putra Mahkota Thailand Vajilarongkorn, dan adik Sultan Brunei Darussalam, Jeffry Bolkiah.

Pelaksanaan SEA Games XXVI dibuka oleh Presiden SBY. “Pengamanan di Palembang diperketat. Sekitar 5.000 personel Kepolisian dan TNI akan mengamankan Jakabaring dan sekitarnya. Lokasi sudah steril sejak hari ini,” katanya hari ini, Kamis (10/11).

Pengarah acara pembukaan, Helmi Yahya menyatakan tiga artis ternama, yakni Agnes Monica dari Indonesia, KC Concepcion asal Filipina, dan Jaclyn Victor asal Malaysia, akan tampil memeriahkan upacara pembukaan. Selain itu, dua artis jebolan Indonesian Idol, yakni Joy Tobing dan Judika, juga ikut tampil. Mereka akan diiringi komposer, Erwin Gutawa. “Acara ini dibuat spektakuler dan akan memuaskan penonton dan para tamu undangan,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Harian Inasoc, Rachmat Gobel mengatakan upacara pembukaan SEA Games di Palembang akan berlangsung meriah. Acara itu akan memadukan budaya Sumatera Selatan dengan teknologi mutakhir. “Kami tidak ingin membuat atlet Indonesia malu, jadi kami akan menggelar upacara yang meriah. Ada tarian dan atraksi budaya Sumatera Selatan. Kami juga menggunakan teknologi di upacara pembukaan, tetapi saya belum mau memberi bocoran terlalu banyak. Nanti tidak jadi kejutan,” kata Rachmat.

Meski demikian, Wakil Ketua Penyiaran Inasoc, Toto Sudarmadji menyatakan penyiaran upacara pembukaan SEA Games terancam bermasalah karena pasokan listik di Palembang tidak stabil.

“Listrik Palembang tidak stabil, bahkan cenderung turun terus. Penggunaan listrik besar, tetapi pasokannya tidak sebanding. Kondisi ini mengganggu penyiaran karena mengakibatkan fungsi jaringan internal jadi bermasalah,” katanya.

Istora Senayan Siap Untuk Ajang SEA Games
Fasilitas sarana dan prasarana Istora Senayan sudah siap digunakan untuk menggelar pertandingan cabang olahraga bulu tangkis pada ajang SEA Games XXVI. Semua tim bahkan sudah menjajal lapangan dengan menggelar latihan.

Istora sudah disulap menjadi stadion bulu tangkis dengan empat lapangan. Berbagai sarana pelengkap juga sudah siap pakai, mulai dari ruang wartawan, ruang pemain, ruang kesehatan, ruang pemeriksaan tes doping sampai ruang istirahat ofisial.

“Kami memakai standar internasional, seperti menggelar turnamen Premier Super Series Indonesia Open beberapa waktu lalu. Semua fasilitas sudah siap, termasuk lapangan pertandingan,” kata ketua panitia pelaksana cabang olahraga bulu tangkis, Mimi Irawan.

Pertandingan bulu tangkis SEA Games akan dimulai dengan pertandingan beregu putra dan putri. Sesuai jadwal kompetisi dengan sistem gugur akan dimulai Sabtu (12/11/2011).

Untuk final bagian putri akan dilangsungkan hari Senin, sedangkan bagian putra hari Selasa. Setelah itu, pertandingan dilanjutkan untuk nomor perorangan dan dijadwalkan selesai tanggal 19 November 2011.

Cabang olahraga bulu tangkis menyediakan tujuh medali emas, dua dari nomor beregu dan lima dari nomor perorangan.

4000 Penari Pembuka SEA Games Bersiap
Satu hari menjelang pembukaan Sea Games ke 26, Kamis pagi sekitar 4 ribu penari melakukan persiapan akhir. Mereka juga akan tampil pada peresmian Gelora Sriwijaya Jakabaring yang dihadiri presiden malam nanti.

Empat ribu orang penari yang akan tampil pada acara pembukaan Sea Games ke 26 di Palembang Kamis pagi tampak bersemangat saat mengikuti sesi latihan akhir di Gelora Sriwijaya Jakabaring meski matahari bersinar terik. Dari 4 ribu orang pelajar dan mahasiswa yang akan tampil di acara pembukaan Sea Games dan sudah berlatih selama sebulan, salah satunya adalah Febri Nastrio Rini yang kini masih menjadi mahasiswi di salah satu perguruan swasta di Surakarta.

Di akan memerankan tokoh sentral sebagai ratu dalam pertunjukan yang menceritakan kejayaan Kerajaan Sriwijaya bertajuk The Grory of Sriwijaya.

Sore tadi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyaksikan langsung acara geladi bersih pembukaan Sea Games sekaligus menandai pembukaan Stadion Gelora Sriwijaya.

Suasana kesibukan menyambut pembukaan Sea Games tidak hanya tampak di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, tapi juga di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang. Sejumlah atlit dari negara-negara ASEAN peserta Sea Games sudah memadati bandara. Pihak bandara menyiapkan sebuah shelter berupa tenda di parkiran bandara yang berfungsi sebagai ruang transit atlit sebelum diberangkatkan menuju tempat menginap.

Kepadatan terminal kedatangan di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang mencapai puncaknya pada sore tadi.

Soal Tiket SEA Games
Tiket opening-closing SEA Games yang disediakan pihak kepanitian sudah terjual 3.500 lembar dari 10.000 yang disediakan. Bagian Promosi Inasoc Sumsel menyatakan, target penjualan pada hari terakhir Jumat (11/11) pagi hanya untuk 1.000 lembar lagi.

“Karena Sumsel menyediakan 10.000 lembar tiket, sementara kebanyakan tiket dibagikan kepada tamu-tamu negara, relasi dan rekanan yang memborong secara khusus, sisanya kita buka untuk umum,” kata Ketua Bidang Deputi II Inasoc Sumsel, Ahmad Rizal, Kamis (10/11/2011).

Menurut dia, 3.500 itu merupakan angka di atas target dari penjualan tiket, karena pada umumnya Inasoc sudah memisahkan tiket untuk tamu-tamu negara. Maka pihaknya menargetkan penjualan 1.000 tiket lagi yang memang masih ada, setelah itu lokat di kantor Kadin Sumsel di Jl Letkol Iskandar Komplek Ilir Barat Permai Palembang akan ditutup.

“Masih bersisa 1.000 lembar lagi dan kita targetkan Jumat sudah terjual, kemudian langsung kita tutup, karena puncak acara opening dimulai 19.00 WIB,” jelasnya.

Sementara itu informasi dari Staf Humas KONI Sumsel Darmansyah yang juga memesan 3 tiket harga Rp 500.000, dan rata-rata sudah laku terjual. Bahkan, para pembeli harus rela antrian panjang di kantor Kadin demi mendapatkan tiket.
”Antrian bahkan hingga nomor 300-an,” jelas Darman.

Sementara Deputi II, Anhar Zulkifli mengatakan tiket memang dijual di Kadin dan dijual untuk umum, wajar saja menjelang H-1 opening-closing tiket banyak terjual karena sudah satu minggu lalu dibuka untuk umum, namun berapa rincian untuk masing-masing jenis tiket dia mengaku kurang menguasai.

“Wajar saja, karena mereka yang beli tiket tidak hanya untuk dia sendiri, tetapi juga untuk anak dan istri serta keluarga. Memang minta masyarakat untuk menyaksikan opening SEA Games,” ujarnya.

Menurut dia, yang pasti rincian atau jatah tiket yang dijual sebanyak 10.000 lembar, sementara untuk umum 4.000-5.000 lembar, sisanya memang diperuntukkan untuk tamu Inasoc dan negara-negara peserta. Seperti diketahui ada empat kategori tiket yang dijual untuk umum yakni, tiket platinum Rp 2 juta, gold Rp1 juta, silver Rp500 ribu, dan bronze Rp 250 ribu.

Sementara Ahmad Rizal menambahkan untuk tiket masuk perhari biasa, dipukul rata Rp 25 ribu yang berlaku untuk seluruh venue dan pertandingan dalam satu hari. “Kalau untuk hari biasa kita berlakukan tiket seharga Rp 25 ribu yang berlau untuk seluruh venue perhari,” jelasnya.

Masyarakat Keluhkan Harga Tiket SEA Games
Keinginan warga menyaksikan langsung pembukaan SEA Games XXVI besok, terkendala oleh mahalnya harga tiket.

Panitia penyelenggara atau Inasoc mematok harga tiket mulai Rp500 ribu hingga Rp1,5 juta untuk upacara pembukaan yang dijanjikan berlangsung spektakuler tersebut. Bagi warga, harga itu sulit dijangkau sehingga banyak yang mengurungkan niat untuk menonton langsung di stadion. Alimin, pedagang di Pasar Perumnas Palembang, misalnya.

“Tiketnya mahal sekali untuk ukuran kami, jika hanya Rp50 ribu atau Rp100 ribu mungkin masih bisa. Tapi, jika Rp500 ribu, lebih baik menonton di televisi saja,” cetus Alimin, kemarin.

Widia yang berprofesi sebagai karyawan swasta di Palembang juga memastikan tak akan menyaksikan secara langsung. “Jika saya memaksa menonton, gaji setengah bulan akan habis begitu saja. Padahal sewaktu pembukaan PON 2004 lalu kami bisa menonton di stadion secara gratis.”

Saat menanggapi keluhan warga tersebut, Gubernur Sumsel Alex Noerdin meminta maaf. “Harga tiket yang menentukan Inasoc Pusat karena acara itu disponsori swasta. Tapi panitia akan menyediakan layar raksasa di luar stadion bagi masyarakat yang mau datang ke Jakabaring,” ujarnya.

Sementara itu, dua hari menjelang pembukaan SEA Games XXVI, kemarin, upaya pembenahan fasilitas pendukung di sejumlah venue seperti cabang dayung di Situ Cipule, Karawang, Jawa Barat, masih berlangsung.

Media center di Palembang, di Gedung Bank Sumselbabel, juga belum siap digunakan, bahkan masih kosong. Belum ada kursi dan meja sehingga beberapa wartawan lokal dan asing terpaksa duduk di lantai.

Ketua Umum KONI Pusat Rita Subowo menjanjikan media center siap pakai hari ini. ”Media center merupakan kebutuhan pokok bagi wartawan sehingga harus secepatnya diselesaikan,” ujarnya di Palembang, kemarin.

SEA Games XXVI secara resmi akan berlangsung 11 hingga 22 November mendatang, meski cabang sepak bola sudah mulai dipertandingkan di Jakarta.

 

Sumber artikel : http://vibulletin.com/news/186124.htm

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: