>>
you're reading...
News, Software

Mainstream XP Berakhir, Vista Dipertanyakan, Se7en & 8 New Generation

Microsoft yang saat itu digawangi oleh arsitektur besarnya Bill Gates dalam memproduksi software terutama Operating System sudah cukup panjang dan sekarang menjadi salah satu produsen OS terbesar dan paling sukses di dunia disamping Apple Computer dan Distro-Distro Linux yang bergerak dibawah lisensi GNU. Microsoft sudah cukup paham bagaimana perkembangan teknologi di dunia saat ini dan bisa dikatakan Microsoft sebagai produsen OS bisa kita sebut peramal, mengetahui apa yang kita inginkan untuk memudahkan pekerjaan kita.

Dimulai dari OS besutannya yang paling populer di masanya yaitu Windows XP, semua orang pun mengetahui apa itu Windows XP. Dari kalangan muda hingga yang sudah berumur pun tahu bahwa ini adalah OS yang menjadi system urat saraf dari CPU beserta perangkat-perangkat di dalamnya. Windows XP yang kala itu menguasai lebih dari setengah pangsa pasar Operating System dunia menjadi OS yang paling favorit dan digemari karena kemudahan penggunaanya. Dan ini berkat usaha keras dari pihak Microsoft menggabungkan antara 2 OS yang lebih dahulu yaitu Windows 9x dan NT. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.

Windows XP benar-benar berjaya, hampir 11 tahun XP berjaya di pangsa pasar dunia dengan segala macam perbaikan-perbaikannya yang sering kita kenal dengan Windows XP SP1, SP2, dan terakhir SP3. Lalu dimanakah Windows XP SP4????

Pertanyaan tersebut seharusnya sudah terjawab pada kuartal 1 atau 2 pada tahun lalu bahwa pihak Microsoft sudah menghentikan  mainstream atau lifecycle, artinya siklus hidupnya (lifecycle) tidak akan diperpanjang lagi. Service pack 3 adalah yang terakhir, untuk selanjutnya tidak akan ada lagi. Arti “berakhir” di sini bisa jadi bukan berarti tamat atau mati, cuma dukungannya sudah dihentikan.Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa Windows XP hadir sudah selama hampir 11 tahun sebagai salah satu versi windows yang umum dipakai untuk keperluan rumah atau bisnis. Setelah Windows XP, Microsoft lalu membuat OS Vista, yang kemudian ditinggalkan pengguna karena memiliki banyak masalah. Masalah hidupnya Windows Vista pun dipertanyakan, apakah akan langsung “mati”?? Semua terjawab beberapa waktu yang lalu.

Inipun menjadi pertanyaan, kenapa Windows Vista tidak secemerlang WIndows XP? Yang bisa menjawab adalah para user yang sudah menggunakan Vista. Dan menurut pengelihatan saya, Vista hanyalah intermezo demi melanggengkan keluarnya rakasasa baru OS dari pihak Microsoft. Dan benar saja, pada kuartal keempat tahun 2009 raksasa itupun dirilis ke publik dengan nama Windows 7 yang memiliki codename sebelumnya adalah Blackcomb dan Vienna. Windows 7 menjadi terkenal dan favorit karena memiliki tampilan yang catik dengan code Aero dan memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil. Sampai saat ini menurut saya Windows 7 adalah OS besutan Microsoft yang paling cantik dan powerfull dibandingkan dengan OS” sebelumnya. Bahkan dengan keluarnya Windows 7, penghasilan perusahaan rekanan Microsoft yaitu Intel Corporation pun meningkat karena yang sebelumnya OS” lebih dominan berjalan pada arsitektur processor 32bit. Hal ini membuat pihak Intel pun mendapat angin segar karena Windows 7 lebih powerfull berjalan di processor 64bit dengan dukungan RAM yang sangat besar.

Microsoft belum puas dengan mahakaryanya dan baru-baru ini nama Windows 8 tersebar luas di dunia maya. Sebenarnya apa itu Windows 8? Windows 8 adalah nama kode untuk versi mendatang dari Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media. Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard. Windows 8 berkembang cukup pesat mulai dari Milestone hingga ke Developer Preview yang disediakan dengan gratis untuk pihak developer yang ingin mengembangkan Windows ini menjadi sempurna.

Dan benar saja, beberapa hari yang lalu Windows 8 Consumer Preview dirilis ke publik dan bisa di unduh dengan gratis. Windows 8 Consumer Preview atau yang lebih kita kenal dengan nama Windows 8 Beta menawarkan hingga 100.000 perbaikan dari Windows 8 Developer Preview. Angka yang sangat fantastispun diperoleh, dalam jangka waktu 24 jam diketahui 1 juta orang sudah mendownloadnya setelah Microsoft resmi merilis Windows 8 Consumer PreviewWow, benar-benar angka yang fantastis dan dari hasil ini diketahui bahwa costumer sangat penasaran dengan bagaimana Windows 8 itu sebenarnya.

Yapz…kita tunggu saja kapan pihak Microsoft akan resmi merilis Windows 8 Final.

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: