>>
you're reading...
Internet, News

DNS Changer, Bahaya ga sihh?? (Kacamata Orang Awam)

                    133560110716828503201335601168649497377

Beberapa hari belakangan ini mungkin banyak berita di internet yang membicarakan tentang DNS Changer yang menginfeksi sebuah sistem terutama yang berbasis Windows maupun Mac. Sebenernya apa sii itu DNS Changer?? Yuwk kita bahas disini dari kacamata orang awam –(uhh…mau sok tau dikit nih ceritanya)–😀

Pertama, kita mulai dulu dengan mengerti apa itu DNS. Melalui pertapaan yang panjang dengan didukung contekan-contekan yang banyak, DNS merupakan salah satu sistem database(baisdata) yang merupakan singkatan dari Denial Name System/Server yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan komputer dalam hal berselancar di dunia maya (bukan dunianya mbak maya, tapi dunia internet, hehe).

Mail client, web browser with miniature DNS ca...

Foto : Wikipedia

Nah fungsi penting dari DNS adalah membantu kita agar ga repot dalam browsing, soalnya DNS itu akan menerjemahkan alamat situs (http://google.co.id)  yang kita ketik di browser menjadi sebuah alamat IP (192.168.xxx.xxx). Masih bingung kegunaan lebih dalemnya gimana?? Nah sekarang coba dibayangkan bagaimana rasanya ketika kita ingin browsing atau membuka situs tapi yang harus diketik di browser adalah alamat IP’y bukan alamat situsnya?? Wow udah kebayang kan repotnya gimana kita harus ngapalin satu persatu alamat IP setiap situs. Kalo ada orang yang lebih seneng make alamat IP untuk browsing sih monggo aja, berarti hebat tuh orang bisa ngapalin jutaan IP adress yang segabrek,😀

Kedua, sekarang saatnya mengerti arti Changer itu apa. Yahh…ini mah anak SD mau ujian juga tau kan. Kalo saya ga salah (kayanya ga salah sii, soalnya saya tanya pakde google translate, hehe) Changer itu bermakna mengalihkan atau mengganti.

Ketiga, ketika digabungkan kata DNS + Changer maka akan terbentuk arti atau makna yang baru yaitu pengalih DNS atau pengubah DNS. Bahaya ga ya buat kita? Buat yang orang awam sii mungkin cuek dalam hal penggunaan sistem komputer, tapi buat yang mengerti ini sama saja manjadi bencana alam karena bisa memutuskan kita dari hidup kita di dunia internet. Soalnya apa, DNS Changer akan merubah konfigurasi DNS pada komputer kita menjadi DNS yang tidak kita kenal dan menurut yang saya baca dari blog tetangga ketika kita sudah terinfeksi oleh DNS Changer maka diam-diam DNS pada komputer kita dirubah dan di arahkan ke server DNS palsu milik sii pembuat DNS Changer.

Terus apa efek yang terasa bagi kita? Begini mas atau mbak. Tanpa DNS, pengguna internet tidak bisa mengakses sebuah situs dengan mengetik alamat situs web-nya, misalnya google.com, facebook.com, dan wordpress.com. Kita bisa tetap membuka situs-situs yang saya sebut di atas tapi dengan cari manual dengan memasukkan alamat IP situs-situs tersebut karena kita mengaksesnya tanpa DNS. Dan celakanya, tidak semua orang itu hafal dengan alamat IP situs-situs tersebut yang membuat orang berfikir “ahhh…internet saya mati nihh…operatorr ******” .

Keempat, bagaimana nih caranya DNS Changer menginfeksi PC/Laptop korbannya?? Kebanyakan DNS Changer sengaja ditempatkan di website website tertentu yang menyamarkan dirinya menjadi sebuah iklan, maupun video yang terembeded dalam sebuah situs. DNS Changer menurut saya itu ga lain ga bukan sebagai Trojan Frontdoor, alias trojan yang membutuhkan konfirmasi kita untuk melakukan serangan kedalam sistem komputer kita. Nah berikut contoh simulasinya :

13356004391681809779

Nah pernah ga liat iklan seperti itu ketika kita membuka website tertentu? saya yakin marak sekali iklan-iklan seperti itu di internet. Seolah-olah iklan itu berkata “Click me, Click me..”. Ketika kita mengklik iklan tersebut yang tanpa sepengetahuan kita sudah disisipi oleh sebuah trojan, maka hancurlah masa depan PC kita, hehe..Nah maksud kata-kata sebelumnya “membutuhkan konfirmasi kita” bisa dilihat pada contoh di atas kita mengklik iklan=kita merestui tojan masuk ke sistem kita, kaya pengen nikah aja minta restu dulu, hehe

Tahap terakhir sekarang kita bahas nih gimana caranya menanggulangi DNS Changer ini.

Pertama jika ingin mengetahui apakah PC/Laptop kita sudah terkena DNS Changer atau tidak klik tautan ini

Sudah pasti harus ada antivirus yang terinstall di PC/Laptop kita.

Nah tahap terakhir yang saya rekomendasikan adalah jangan main asal klik iklan maupun video-video menggiurkan yang ada di internet, pasang adblock atau sejenisnya di browser yang sering anda gunakan untuk beselancar.

Sekian ulasan dari saya, kalo ada salah kata atau salah makna mohon di maklumi. Saya juga masih belajar🙂

Sumber

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: