>>
you're reading...
News, Software

59% Pengguna Komputer Indonesia Pakai Software Bajakan

Penelitian yang dilakukan Business Software Alliance (BSA) menerangkan, sekira 59 persen atau 305 pengguna komputer di Indonesia menggunakan software bajakan.

Mereka berpendapat, hal inilah yang berkontribusi membuat tingkat pembajakan software di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di kawasan Asia Pasifik.

Survei perorangan ini dilakukan dengan responden sekira 518 pengguna komputer di Indonesia dan dilaksanakan pada rentang Februari – Maret 2012.

Para responden tersebut ditanyakan apakah mereka menggunakan software bajakan dan seberapa sering menggunakannya.

Dari 59 persen respondfen yang mengaku menggunakan software bajakan, 5 persennya mengatakan selalu memperolehnya secara ilegal.

Kemudian 14 persen mengatakan sering, 23 persen mengatakan hanya pada saat tertentu dan 17 persen lainnya mengatakan hanya sesekali saja memperoleh software ilegal.

Selain itu juga diterangkan bahwa dari aspek gender, wanita mendominasi jumlah pengguna komputer yang mengaku mamakai software bajakan. Jumlah pengguna wanita sekira 54 persen, sedangkan pria sekira 46 persen.

Ada banyak alasan mengapa orang memilih pemakaian software bajakan. Senior Director Anti-Piracy BSA, APAC, Tarun Shawney mengungkap, sekira 13 persen orang merasa tidak akan tertangkap jika menggunakan software bajakan. “Sedangkan mereka yang menyadari ilegalnya pembajakan softwaremerupakan alasan untuk tidak memakai software bajakan ada sekira 17 persen,” tuturnya.

Sebelumnya, Tarun telah mengungkap bahwa dalam penelitian global BSA bersama International Data Corporation (IDC) dan IPSO, Indonesia diketahui sebagai negara dengan piracy rate cukup tinggi yakni 86 persen.

Survei global tersebut dilakukan terhadap 33 negara dengan jumlah responden sekira lebih dari 15 ribu orang.

Sumber

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: