>>
you're reading...
Hardware, News, Software

Smartphone Sony, Kenapa Belum Pakai Quad Core?

Smartphone besutan Sony bisa dibilang tertinggal dalam mengadopsi prosesor quad core (empat inti) ketimbang vendor lainnya.

Smartphone flagship terbaru yang baru saja dirilis Sony, Xperia T pun belum menggunakan prosesor quad core.

Sedangkan, Samsung, sudah membekali prosesor quad core di Galaxy S III dan HTC pun sudah melakukan hal yang sama di smartphone One X.

Apa alasan Sony, tidak segera menggunakan prosesor quad core di produk Xperia-nya?

“Xperia terbaru menggunakan prosesor dual core dengan kecepatan 1,5 GHz. Kami telah mengevaluasi, (jumlah core dan kecepatan) ini sudah dapat menghadirkan performa dan efisiensi baterai terbaik, ” ujar Calum MacDougall, Head of Xperia Marketing Programme Sony Mobile Communications di Berlin Messe, Jerman, Kamis (30/8/2012).

Menurutnya, kekurangan utama dari quad core adalah baterainya sangat boros.

Sebenarnya, Sony dapat dengan mudah memasang prosesor quad core di Xperia. Namun, Sony lebih mengutamakan kenyamanan pengguna.

“Saat ini, Sony menganggap prosesor dual core merupakan pilihan terbaik bagi pengguna,” tambahnya.

Meski demikian, Calumm menyebutkan Sony pasti akan mengadopsi prosesor quad core. Untuk waktunya, Calumm belum bisa menyebutkan kapan kepastiannya.

Menurutnya, Sony sedang mengevaluasi kinerja prosesor quad core hingga cukup efisien untuk Xperia.  “Kami ingin pengguna smartphone Sony mendapatkan yang terbaik, baik performa maupun efisiensi,” jelasnya.

Edukasi pasar

Cukup banyak pengguna yang saat hendak membeli smartphone, hanya melihat spesifikasi hardware-nya. Mereka selalu menanyakan prosesor smartphone yang hendak dibeli, apakah dual core atau quad core.

Hal ini diakui oleh Calumm MacDougall. Pria asal Inggris ini menyatakan, banyak pengguna yang lebih mengedepankan jumlah core di smartphone sebagai pertimbangan pembelian.

Padahal belum tentu dengan prosesor kencang tersebut akan sesuai dengan kebutuhannya, tambah Calumm.

Ujung-ujungnya, pengguna harus membayar lebih mahal dari sebuah smartphone “empat otak” yang kemampuannya tak dibutuhkannya.

Untuk ini, tambah Calumm, Sony akan membuat program untuk mengedukasi pasar. Pada program ini, Sony akan menjelaskan mengapa Sony, saat ini, masih menggunakan smartphone dual core.

Selain itu, Sony juga akan menginformasikan ke masyarakat, bagaimana cara memilih smartphone yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Namun, ini merupakan bukan hal yang mudah dilakukan. Karena bakal selalu ada pengguna yang hanya melihat jumlah core prosesor sebagai pertimbangan utama,” tutup Calumm.

About Gootekno

Write to share, to increase knowledge and friendship

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: